Kementerian Pariwisata Kunjungi Pameran Memorabilia Alkhairaat

FOTO: Koordinator KHST, Moh. Herianto (kaos hitam), sedang menjelaskan koleksi pameran memorabilia Alkhairaat kepada Direktur Industri Kreatif Musik, Film dan Animasi pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Republik Indonesia, Amin Abdullah, Sabtu (14/5/2022). FOTO: JEFRI/JS


PALU, JOURNASTORIA – Direktur Industri Kreatif Musik, Film dan Animasi pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Republik Indonesia, Amin Abdullah, melakukan kunjungan ke stand pameran memorabilia Alkhairaat dan sejarah Islam di Palu, yang dikelola oleh Komunitas Historia Sulawesi Tengah (KHST), Sabtu (14/5/2022). Dalam kunjungan ini, Amin Abdullah didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng, Diah Agustiningsih, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulteng, Fahrudin D. Yambas, serta Kasubdit Pengembangan Jaringan BPIP, Rahmat Mustafa.

Pameran ini sendiri dilaksanakan dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Festival Raodhah, dalam rangka memperingati Haul ke-54 Sayyid Idrus bin Salim Al Jufri, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Guru Tua, 11-14 Mei 2022. 

Saat tiba di lokasi pameran, Amin Abdullah mendengarkan dengan seksama penjelasan mengenai koleksi pameran, dari Koordinator KHST, Moh. Herianto. Adapun koleksi yang dipamerkan meliputi koleksi tentang sejarah Alkhairaat, serta sejarah Islam di Palu. 

Amin Abdullah mengatakan, pameran seperti ini penting untuk selalu dilaksanakan, terutama untuk merawat memori tentang perjuangan Guru Tua memajukan pendidikan Islam lewat Alkhairaat. Pihaknya juga mendengarkan aspirasi dari KHST, untuk menjadikan gedung Perguruan Alkhairaat yang dibangun pada 26 Agustus 1953, sebagai bangunan cagar budaya. JEF


Post a Comment

0 Comments