IAP Sulteng Minta Eks Jembatan IV Palu Jadi Situs Sejarah Kebencanaan

 

FOTO: Ketua IAP Sulteng, Wildani Pingkan S, didampingi Sekretaris IAP Sulteng, Renko Hutama Putra dan pengurus IAP Sulteng, Ibnu Mundzir, serta Koordinator KHST, Moh. Herianto, pada jumpa pers dengan awak media, Senin (9/5/2022). FOTO: JEFRI/JS

PALU, JOURNASTORIA - Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Komunitas Historia Sulawesi Tengah (KHST) memberikan pernyataan sikap, mengenai rencana pembangunan kembali Jembatan IV Palu. IAP memohon kepada pemerintah, agar fisik eks Jembatan IV Palu, baik di sisi timur dan barat sungai, tetap dipertahankan sebagai situs sejarah kebencanaan. 

Demikian dikatakan Ketua IAP Sulteng, Wildani Pingkan S, didampingi Sekretaris IAP Sulteng, Renko Hutama Putra dan pengurus IAP Sulteng, Ibnu Mundzir, serta Koordinator KHST, Moh. Herianto, pada jumpa pers dengan awak media, Senin (9/5/2022) mengatakan, pernyataan sikap ini, sesuai visi IAP untuk mewujudkan perencanaan kota yang baik dan bermakna. Untuk itu, pihaknya ingin pembangunan Kota Palu berbasis memori sejarah yang kuat, dengan perspektif konservasi. 

Lanjut Pingkan, pascabencana 28 September 2018, Kota Palu harus mampu ditata dengan mempertimbangkan aspek sejarah dan aspek kebencanaan. Selain itu, Kota Palu juga hendaknya ditata sebagai kota pusat pengembangan ilmu pengetahuan yang berkelanjutan. Adapun penataan kembali Kota Palu kata dia, diikuti dengan spirit sejarah kota yang terawat, baik dalam ingatan maupun keseharian. 

"Diharapkan, dengan merawat tinggalan sejarah yang ada, dapat menghadirkan sejarah yang asli, terutama mengingat peristiwa bencana 28 September 2018 merupakan bagian dari sejarah Kota Palu. Selain itu, kawasan eks Jembatan IV Palu ini juga, merupakan bagian dari segitiga situs kebencanaan, bersama kawasan likuifaksi Balaroa dan kawasan likuifaksi Petobo," jelasnya. 

Lanjut Pingkan, dengan keberadaan situs-situs sejarah kebencanaan ini, Palu dapat menjadi laboratorium ilmu kebumian, terutama bagi penelitian kebencanaan sejenis, juga potensi geowisata, dengan lima dimensi alam. Untuk itu, pihaknya mendorong agar situs Jembatan IV Palu tetap dipertahankan, untuk merawat keaslian sejarah kota, bersamaan dengan upaya penataan dan pendataan situs kebencanaan lainnya. 

"Eks Jembatan Palu 4 ini sangat layak untuk dilestarikan kemudian kawasan ini ditata menjadi Center of Tsunami Memorial Park dan merupakan ‘magnet’ dalam geowisata sejarah kebencanaan Kota Palu, bersamaan dengan upaya konservasi untuk penataan Area Nalodo (Likuefaksi) Balaroa-Area Nalodo (Likuefaksi) Petobo," ujarnya. 

Sementara itu, Koordinator Komunitas Historia Sulawesi Tengah (KHST), Moh. Herianto mengatakan, sebagai pegiat sejarah dan budaya, keberadaan artefak penting sebagai pengingat akan peristiwa bencana 28 September 2018, juga sebagai pengingat akan peristiwa bencana-bencana sebelumnya. 

"Jika jejak bencana sebelum 28 September 2018 hampir tidak lagi dapat kita temukan, jejak bencana 28 September 2018 masih ada di sekitar kita dan masih bisa dilihat. Namun, pembangunan kembali jembatan di lokasi Jembatan IV, akan menghilangkan salah satu jejak bencana tersebut," jelasnya. 

Lanjut Anto, sapaan akrabnya, memang bukan urusan yang gampang untuk menetapkan sebuah situs atau benda menjadi cagar budaya, namun menurutnya, situs-situs peristiwa kebencanaan 28 September 2018 penting untuk dilokalisir. 

"Undang-undang No. 11  Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, perlu diturunkan menjadi peraturan daerah atau peraturan wali kota, agar penanganan situs-situs seperti ini bisa segera dilakukan," ujarnya. 

Langkah taktis yang harus dilakukan adalah membuat plang informasi tentang situs tersebut, terlepas apakah situs ini dapat dimasukkan dalam kategori cagar budaya atau bukan. Penanda ini penting, agar orang-orang memahami nilai dari situs tersebut dan juga bisa menjadikan lokasi tersebut sebagai lokasi pembelajaran tentang kebencanaan. JEF

Post a Comment

0 Comments